IMPLEMENTASI CLUSTER DATABASE BERBASIS MYSQL DAN HAPROXY SEBAGAI PEMBAGI BEBAN KERJA SERVER

Suryadi Syamsu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah layanan database yang mampu menangani kebutuhan akan akses database yang besar. Implementasi cluster database berbasis MySQL dan Haproxy sebagai Load Balancer dengan menggunakan satu server tambahan untuk membagi beban dari database server.  MySQL digunakan sebagai aplikasi database yang terdapat pada server pertama dan server kedua, sedangkan HaProxy digunakan sebagai load balancer yang terdapat pada server ketiga. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja dari database server. Ada dua cara pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja dari pembagian beban server. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengujian menggunakan satu server dengan akses secara simultan terjadi peningkatan pada kinerja memori hingga beberapa kali sesuai jumlah proses yang di eksekusi. Sedangkan pengujian dengan Tiga server yang terdiri dari satu server load balancer dan dua server database yang tercluster, tidak terdapat perubahan pada penggunaan kapasitas memori, tetapi kapasitas load balancer meningkat. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan HAProxy sebagai aplikasi pembagi beban kerja layanan server, memberikan manfaat yang sangat signifikan baik bagi user maupun pada server database sehingga beban server bisa di bagi ke masing –masing server database

 

Kata Kunci:Cluster Database, MYSQL, HaProxy, Load Balancer


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Muhammad Taufiq Muslih, Bambang Eka Purnama, Pengembangan Aplikasi Sms Gateway Untuk Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Di Sman 1 Jepara - IJNS Volume 2 No 1 – Juli 2013 - ISSN: 2302-5700.

Saputra, Agus . 2011. Membangun Aplikasi SMS Dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ardhian, D., Rochim, A.F., Widianto, E.D., 2012, Analisis Perbandingan Unjuk Kerja Sistem Penyeimbang Beban Web Server dengan HAProxy dan Pound Links, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Semarang.

Alsyaibani, A.M.O, 2013, Performa Algoritma Load Balance Pada Server Web Apache Dan Nginx Dengan Database Postgresql, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Fiandrianto, A., 2015, Analisis dan Perbandingan Load Balancer Database HAProxy dan Maxscale dalam Performa Kecepatan Website E-Learning Moodle, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Muliayantoro, H.S., 2013, Penerapan Metode Load-Balancing Clusters, pada Database Server Guna Peningkatan Kinerja Pengaksesan Data, TechnoNusaMandiri, Vol. XI (1).

Rijayana, Iwan. 2005. Teknologi Load Balancing Untuk Mengatasi Beban Server. Jurusan Teknik Informatika, Universitas Widyatama. Bandung.

Riany, Rika. 2007. Pengaruh Sistem Pengolahan Data Elektronik Transaksi Surat Pos Terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Transaksi Surat Pos Pada PT. Pos Indonesia (PERSERO).

Rosalia, M., Munadi, R., Mayasari, R. 2016. Implementasi High Availability Server Menggunakan Metode Load Balancing dan Failover pada Virtual Web Server Cluster. Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom.

Rovandi, H., Billiranto, N.M. 2016. Implementasi High Availability Pada Database (Studi Kasus Universitas Terbuka).

Sihite, P.B. 2012. Perancangan Mysql Cluster Menggunakan Mikrotik RB750 Sebagai Node Database Management. Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Syamsu, S. 2013. Jaringan Komputer (Konsep dan Penerapannya). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Setyaningsih, H. 2012. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah di SMK N 1 Wonosobo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Prabowo, A. 2011. Perancangan MySQL Cluster Untuk Mengatasi Kegagalan Sistem Basis Data Pada Sisi Server. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Semarang.

Utomo, A.D. 2011. Implementasi Load Balancing Dua ISP Menggunakan Mikrotik. Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Hidayatullah. Jakarta.

Wahyudi, B. 2003. Pengantar Struktur Data dan Algoritma. Penerbit Andi Offset Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.