PENERAPAN METODE TIME SERIES DALAM MEMPREDIKSI HASIL PRODUKSI PERTANIAN BERDASARKAN NILAI TREND

Andi Sumardin, Mashud Mashud

Sari


Pengambilan keputusan untuk strategi di masa yang akan datang sangat dipengaruhi oleh penyajian data yang real time melalui proses analisis metode time series. Metode time series (deret berkala atau runtut waktu) adalah metode yang digunakan untuk meramalkan waktu yang akan datang terkait hasil produksi pertanian pada tahun berikutnya. Peramalan time series bertujuan untuk menemukan pola dalam deret data historis dan mengeksplorasikan pola tersebut untuk masa depan. Dalam menghitung nilai trend digunakan metode Semi Average. Hasil penerapan metode Semi Average dengan menggunakan data trend hasil produksi pertanian 8 tahun terakhir mampu memprediksi hasil produksi untuk 1 tahun berikutnya. Grafik trend plot digunakan untukĀ  trend peningkatan atau penuruan produksi komoditi pertanian.

Kata Kunci: produksi pertanian, sistem informasi, time series.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Sumardin, A., & SN., Arfandi, (2016). Penerapan Sistem Informasi Geografis dalam Pemetaan Produksi Pertanian di Kabupaten Bone. Jurnal Inspiraton Vol.2 No.2 Desember 2016.

Gumbira, E., & Haritz, A. I. (2001). Manajemen Agribisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia

Muslihudin, Muhamad dan Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Andi Offset:Yogyakarta.

Supranto,J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.