Analisa Kualitas Website Sekolah Menengah Kejuruan Negeri SMKN Di Kota Makassar Dengan Menggunakan Webqual Modifikasi

Muhammad Arafah, Tatik Maslihatin

Sari


Keberadaan website sekolah sangat penting baik bagi siswa, sekolah maupun masyarakat. Namun keberadaan website sekolah tersebut belum pernah dianalisa untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan yang sudah diberikan kepada pengguna. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan website Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif kuantitatif dengan menggunakan Webqual versi 4.0 yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi kualitas antarmuka pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap yang cukup besar antara realitas web SMK dengan harapan pengguna akhir pada masing-masing dimensi. Gap paling besar terjadi pada dimensi kualitas layanan interaksi yaitu -0.98. Dan gap paling rendah terjadi pada dimensi kualitas antarmuka pengguna yaitu -0.82.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, SC. 2015. Analisis Kualitas Layanan Website Universitas Hasanuddin Dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi. Teknomatika. Vol.8 No.1. ISSN: 1979-7656

Kothainayaki, S., Sivakumaren, K.S. & Gopalakrishnan, S., 2012. User Preferences on University Websites: A Study. Library Philosophy and Practice (e-journal), Paper 788.

Loiacono, E.T., Watson, R.T. & Goodhue, D.L., 2002. WebQual: A Measure of Website Quality. Marketing Theory and Applications, 13(3), pp. 432-438.

Maslihatin,T. 2016. Balanced Scorecard : Performance Measurement for E-Government. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Pakistan. Vol.90 No.2, pp.116-123, ISSN 1992-8645

Nasution, M., & Mudjahidin, 2013. Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I Dengan Metode WebQual. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, pp. 125-130.

Pabedinskaite,A. Akstinaite,V. 2013. Evaluation of Airport Service Quality. Procedia- Social and Behavioral Sciences.ISSN 398-409

Puspitasari, D., 2013. Kajian Kepuasan Terhadap Website Universitas Airlangga: Studi Komparasi antara Pengguna Internal dan Pengguna Eksternal/Potensial. Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sari, N., 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Hasanuddin Terhadap Situs www.unhas.ac.id. Thesis. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Wicaksono, BL, 2012, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI menggunakan Metode Webqual Modifikasian dan Importance Performance Analysis”, Jurnal Media Ekonomi & Teknologi Informasi,ISSN: 21 – 34, Vol. 19 No. 1, 2012.


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2472
Sari 244 kali dilihat
PDF 136 kali diunduh

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.