Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti

Mashud Mashud, Wisda Wisda

Abstract


PT. Tunggal Berjaya Sejahtera adalah salah satu perusahaan di Makassar yang  bergerak di bidang properti. PT. Tunggal Berjaya Sejahtera dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan melalui via telephone, sms, Facebook, WhatsApp dan media sosial lainnya. Permasalahan yang dihadapi adalah semakin hari jumlah pelanggan yang bertanya semakin banyak dan membutuhkan respon yang cepat.  Penelitian ini bertujuan merancang suatu aplikasi chatbot berbasis website yang dapat membantu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa membutuhkan waktu dan tenaga dari pegawai. Data Penelitian yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalu survey dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan. Metode perancangan dari sistem ini menggunakan UML (Unifield Modelling Languge) yaitu menggunakan use case diagram, Sequence diagram, Activity diagram , dan Class diagram yang dilengkapi dengan metode pengujian black box untuk fungsional sistem. Dari penelitian dapat menghasilkan aplikasi chatbot berbasis website yang mampu menjawab pertanyaan yang diinputkan oleh pelanggan secara cepat dan tepat. Sehingga memperlancar komunikasi antara PT. Tunggal Berjaya Sejahtera dengan pelanggan dalam pemasaran properti.


Keywords


Chatbot; Pemasaran; Properti; Virtual; Website.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abida. S. dkk. (2014). Desain Sistem Informasi Pemasaran Perumahan Pada PT. Griya Rolanda Mandiri Berbasis Web. PROGRESIF Vol. 10, No. 2, Agustus 2014 : 1017 – 1076

Aini. N. & Sitti Aisa. (2018). Aplikasi Brosur Penjualan Rumah Menggunakan Augmented Reality dan Virtual Reality Berbasis Android Pada CV. Aden. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018. SENSITEK 2018. STMIK Pontianak. Hal 127-131.

Amin, F. (2013). Sistem Temu Kembali Informasi dengan Pemeringkatan Metode Vector Space Model. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 18(2), 122–129.

Amirullah & Megawati. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Perumahan Permata Bening Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 2, No. 2, Agustus 2016. e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181.

Anditya & Tito Franky Nasution. (2010). Trik Sukses Menjadi Pengusaha Properti, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Hastanti R.P, dkk. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan, Jurnal Bianglala Informatika Vol 3 No 2.

HB Hakim. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Personal Assistant Memanfaatkan Live 2D Seabagai User Interface Pada Android, Universitas Muhammadiyah Malang

Muhajir., A. (2015). Pengembangan a.l.i.c.e sebagai chatbot pakar jaringan komputer menggunakan supervise (direct teaching) dan unsupervice learning (summary base knowladge menggunakan metode tf-idf).

Rohman. (2008). Rancang bangun aplikasi sistem pakar untuk menentukan jenis gangguan perkembangan, 6(1), 1–23.

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v9i2.2497
Abstract 102 kali dilihat
PDF (Indonesian) 69 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.