Kajian Aplikasi Pelayanan Bengkel Berbasis Android

Reza Oksri Nengsi, Rahmat Hidayat, Yulindon Yulindon

Abstract


Jumlah pengendara kendaraan bermotor meningkat dengan pesat. Banyak pengendara yang mengalami kerusakan motor atau mobil saat di perjalanan, seperti bocor ban, mogok, rantai putus, atau pecah ban. Bagi pengendara yang kurang mengetahui daerah sekitar ketika mengalami kerusakan motor maka tentunya pengendara akan kesulitan mencari bengkel terdekat. Dalam penelitian ini, akan dilakukan kajian tentang aplikasi pada Smartphone berbasis Android untuk memudahkan para pengendara yang mengalami bocor ban dan kerusakan kendaraan lainnya. Pengendara cukup dengan membuka aplikasi maka aplikasi akan melacak lokasi pengendara saat ini dan menampilkan bengkel-bengkel terdekat dengan lokasi pengendara lalu pengendara dapat memilih bengkel yang diinginkan, dan pengendara melakukan pesanan maka montir yang dipilih akan datang menghampiri pengendara.


Keywords


Android; Bengkel Online; Otomotif

Full Text:

PDF

References


Ap, D. R. (2014). Location Based Service Bengkel dengan Client-Servre. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 6(1), 31–47. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i1.273

Darwis, D., Pasaribu, A. F., & Surahman, A. (2019). Sistem Pencarian Lokasi Bengkel Mobil Resmi Menggunakan Teknik Pengolahan Suara Dan Pemrosesan Bahasa Alami. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 71. https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.291

Dewantara, H., Hanafi, M., & Nugraha, S. (2018). Aplikasi Pencari Tambal Ban Area Magelang Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Haversine. Jurnal Komtika, 2(1), 38–48.https://doi.org/10.31603/komtika.v2i1.2111

Ilmiah, P. (2019). Aplikasi Tambal Ban Kota Surakarta Berbasis Mobile Android.

Jasmani, I., Kom, M., Subakti, B., Eng, M., & Prayogi, Y. (2015). Sistem Informasi Geografis Tambal Ban Berbasis Android ( Studi Kasus : Kota Malang ) Google Maps Application Programing Interface ( API ).

Krisna Slamet Rasyid, Sudarno, W. T. P. (2018). Penerbitan Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pengaruh Model Jembatan Rangka Batang Berbahan Stik Es Krim Terhadap Beban Kritis, 70–80.

Suharyanto, S. (2018). Kinerja Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Jm Motor Bandung Barat. Spektrum Industri, 16(2), 167. https://doi.org/10.12928/si.v16i2.11537

Sutanto, A. (2011). Motor Sm Di Kota Padang Dengan Metode. 10(2), 154–159.


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v9i2.2527
Abstract 238 kali dilihat
PDF 114 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.