Sistem Informasi Geografis Pemetaan Usaha Pinggir Jalan Poros Makassar - Pare

Neneng Awaliah, Suryadi Syamsu

Abstract


Jalan poros Makassar – Pare adalah jalan raya yang menghubungkan kota Makassar dan Kota Pare-pare. Jalan poros Makassar – Pare jalan raya yang melewati Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Barru. Jalan raya tersebut sekitar 130 KM dimana dipinggir jalan terdapat banyak jenis usaha pinggir jalan. Sistem informasi geografis salah pilihan untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat dalam memberikan informasi lokasi dan jenis usaha pinggir jalan raya. Penelitian ini bertujuan merancang suatu sistem informasi geografis lokasi dan jenis usaha yang ada di jalan poros Makassar – Pare. Data penelitian yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui survey dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen. Metode perancangan dari sistem ini menggunakan UML (Unifield Modelling Languge) yaitu menggunakan use case diagram, class diagram, sequence diagram, dan activity diagram. Metode pengujian yang digunakan adalah pengujian black box. Dari penelitian ini dapat memberi informasi kepada masyarkat atau pengguna jalan  tentang lokasi dan jenis usaha yang ada di jalan poros Makassar – Pare. Dan dengan adanya informasi dapat meningkatkan penjulan pada usaha-usaha pinggir jalan raya.

Keywords


Jalan Raya; Makassar; Sistem Informasi Geografis; Usaha

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anugraha, N., Angriawan, R., & Mashud, M. (2020). Sistem Informasi Geografis Layanan Publik Lingkup Kota Makassar Berbasis Web. DoubleClick : Journal of Computer and Information Technology, 4(1), 35–40.

Cahyono, M., Satoto, K. I., & Kridalukmana, R. (2016). Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Dan Penjualan Pada UNDIP Distro. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(3), 370–378.

Ismail Solihin, (2006) Pengantar Bisnis, Pengenalan Peraktis Dan Studi Kasus, Kencana, Jakarta

Masykur, F., Teknik, F., Studi, P., Informatika, T., & Ponorogo, U. M. (2014). Implementasi sistem informasi geografis menggunakan google maps api dalam pemetaan asal mahasiswa. 5(2), 181–186.

Rais, Ahmad. (2012). “Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Titik-Titik Potensi Investasi dibidang Perkebunan dan Pertanian di Kabupaten Pasaman Barat Berbasis Web”. Skripsi Sarjana pada FILKOM Universitas Putra Indonesia “YPTK”, Padang


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2572
Abstract 152 kali dilihat
PDF (Indonesian) 68 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.