Implementasi Metode Graphic Rating Scale Pada Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Penerimaan Bantuan Beras Miskin di Desa Maccile Kabupaten Soppeng

Ismail ismail, NURSAKTI nursakti

Abstract


Program Bantuan Beras Miskin (RASKIN) telah berjalan selama 19 tahun, namun masih banyak kendala dan kelemahan dalam penerapannya. Desa Maccile merupakan salah satu daerah yang ada di kabupaten Soppeng, dimana penyaluran bantuan penerima beras miskin (RASKIN) masih menemui masalah seperti proses seleksi penerimaan bantuan dilakukan secara  subyektif  oleh  pemerintah  setempat  dengan  berdasaran  data  pendapatan  keluarga miskin saja tanpa melihat aspek yang lain, proses pengadministrasian masih manual sehingga membutuhkan waktu lama serta penyampaian informasi hanya  melalui selebaran informasi yang dipasang di papan informasi desa. Cara seperti ini tentunya tidak efektif dan efisien dalam pengelolaan pemberian bantuan RASKIN. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengelola mulai dari seleksi penerimaan bantuan RASKIN. Dari permasalahan tersebut, maka dikembangkan sistem penunjang keputusan berbasis website. Sistem penunjang keputusan ini tidak menganti peran dari pengambil keputusan tetapi hanya untuk membantu memberikan alternatif atau rekomendasi pilihan dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). mengembangkan Sistem penunjang keputusan yang berbasis Website.  2).  Untuk  menerapkan  metode  Graphic  Rating  Scale  (GRS)  dalam Sistem penunjang keputusan seleksi penerimaan RASKIN. Untuk mendukung pelaksanaan pengembangan sistem tersebut, metode yang digunakan adalah Graphic Rating Scale (GRS) untuk perhitungan nilai berdasarkan kriteria penerima RASKIN yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sistem yang dibuat berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan metode  Graphic  Rating  Scale  (GRS) memberikan hasil perhitungan penilaian dengan baik serta dapat meberikan perangkingan sehingga dapat memberikan rekomendasi penerima bantuan RASKIN dengan objektif dan transparan.

Keywords


Graphic Rating Scale, RASKIN, Seleksi Penerima.

References


Harni Mukti Wahyuning dkk (2015). Sistem pendukung keputusan mutasi anggota kepolisian polresta palembang dengan Menggunakan metode graphic rating scale. Jurnal Sistem Informasi, Universitas Bina Darma,Palembang, 2015.

Iswandy Eka, (2015). Sistem penunjang keputusan untuk menentukan penerimaan dana santunan sosial anak nagari dan penyalurannya bagi mahasiswa dan pelajar kurang mampu di kenagarian barung – barung balantai timur, jurnal teknoif, vol. 3 no. 2 oktober 2015.

Lazarus ramandey, (2017). Dampak sosial program pembagian beras miskin (RASKIN) di kampung amar distrik amar kabupaten mimika. Universitas cenderawasih. 2017.

Masitah Handayani, (2017). Sistem pendukung keputusan penentuan penerimaan RASKIN menggunakan metode TOPSIS. Jurnal teknologi informasi (JURTI) volume 1, nomor 1, juli 2017.

Reza salmon baliara, (2018). Sistem pendukung keputusan calon penerima raskin dengan metode polygons area method (PAM) di kelurahan airnona kota kupang. J-icon, vol. 6 no. 2, oktober 2018.

Safri Aprudi, (2016). Sistem pendukung keputusan seleksi penerima beras untuk Keluarga miskin (raskin) pada kelurahan tanah periuk Kecamatan lubuklinggau selatan II kota lubuklinggau Menggunakan metode analithycal hirarchy process (AHP). JTI, Vol 8 No.1, Juni 2016.

Satria dkk, (2017). Penerapan metode graphic rating scale (grs) dalam Penilaian kinerja karyawan. Jurnal kilat vol. 6 no. 2, oktober 2017.


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2579
Abstract 6392 kali dilihat
Untitled (Indonesian) 45 kali diunduh PDF (Indonesian) 30 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.