Rancang Bangun Sistem Cerdas Pemberian Nilai Otomatis Untuk Ujian Essai Menggunakan Algoritma Cosine Similarity
Abstract
Ujian merupakan salah satu cara evaluasi proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik atas materi pengajaran yang diberikan. Secara garis besar terdapat dua jenis soal yang bisa digunakan yaitu soal objektif dan uraian. Pemberian nilai untuk jawaban soal uraian membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan soal objektif karena harus diperiksa oleh orang yang benar-benar menguasai materi soal. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempercepat pemeriksaan jawaban soal uraian adalah mengembangkan sebuah sistem cerdas Automated Essay Scoring (AES). Automated Essay Scoring merupakan sistem penilaian soal ujian uraian secara otomatis dengan membandingkan kunci jawaban dengan jawaban yang diberikan peserta didik melalui perhitungan nilai kedekatan jawaban menggunakan algoritma-algoritma sistem cerdas. Pada penelitian ini dikembangan sebuah sistem cerdas pemeriksaan jawaban soal uraian menggunakan algoritma cosine similarity. Penelitian dilakukan dalam 4 tahapan yaitu spesifikasi kebutuhan, perancangan sistem, implementasi dan pengujian sistem. Pada penelitian ini telah berhasil dirancangan dan diimplementasikan sebuah sistem penilaian otomatis dengan menerapkan preprocessing text dan menghitung bobot teks menggunakan Tf-Idf. Nilai Cosine Similarity untuk setiap jawaban berhasil ditampilkan dan berhasil dikonversi menjadi nilai hasil ujian. Nilai hasil ujian berhasil ditampilkan sesaat setelah ujian berhasil diselesaikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arisandi, D., Rachmawati, D., & Aulia, I. (2018). Pengembangan Computer-Based Test sebagai Strategi Peningkatan Efisiensi Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan, 1(1), 1–8.
Fauzi, M. A., Utomo, D. C., Pramukantoro, E. S., & Setiawan, B. D. (2017). Automatic essay scoring system using N-GRAM and cosine similarity for gamification based elearning. ACM International Conference Proceeding Series, Part F131200, 151–155. https://doi.org/10.1145/3133264.3133303
Gomaa, W. H., & Fahmy, A. A. (2012). Short Answer Grading Using String Similarity And Corpus-Based Similarity. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 3(11), 115–121. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2012.031119
Gomaa, W. H., & Fahmy, A. A. (2014). Automatic scoring for answers to Arabic test questions. Computer Speech and Language, 28(4), 833–857. https://doi.org/10.1016/j.csl.2013.10.005
Hayatin, N. (2015). Sistem Penilaian Jawaban Essay Otomatis Berdasarkan Nilai Kedekatan Kalimat. Seminar Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA), October, 169–172.
Pramukantoro, E. S. (2016). Sistem penilaian otomatis jawaban. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 3(4), 248–252.
Pramukantoro, E. S., & Fauzi, M. A. (2017). Comparative analysis of string similarity and corpus-based similarity for automatic essay scoring system on e-learning gamification. 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 149–155. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872785
Prastowo, B. N., Riasetiawan, M., Herwanto, G. B., Sari, Y., Busthoni, I. A., Hidayatulloh, I., & Adji, T. B. (2018). A Proposed Framework for Essay Answer Processing based on Computational. Proceeding Book of 1st International Conference on Educational Assessment and Policy, 2, 54–58. https://doi.org/10.26499/iceap.v2i1.96
Rinartha, K. (2017). Pemodelan Penilaian Essay Otomatis Secara Realtime Menggunakan Kombinasi Text Stemming Dan Cosine Similarity. 322–327.
Ruslan, Gunawan, & Suhatati, T. (2018). Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Menggunakan Metode GLSA. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2018, 6–15.
Susongko, P. (2013). Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2), 269–288. https://doi.org/10.21831/pep.v14i2.1082
Abstract 3940 kali dilihat
PDF (Indonesian) 2814 kali diunduh
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.