Sistem Informasi Nilai Hue Pada Sayur Sawi Berbasis Data Citra Drone

Reski Idrus, Zahir Zainuddin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kebun Sari Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat pada bulan Juni - Juli 2019. Kita ketahui sebagian para petani tanaman sayur sawi belum banyak mengetahui tentang nilai hue yang ada pada tanaman sayur sawi, padahal merupakan salah satu faktor penyebab tanaman tersebut bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayur sawi dengan baik. Penelitian ini memberikan informasi nilai hue pada tanaman sayur sawi sehingga para petani dapat mengatasi terlebih dahulu jika tanaman sayur sawinya mengalami pertumbuhan kurang baik sebelum tiba masa waktu panennya agar supaya dapat meningkatkan hasil pertaniannya. Dalam hal ini pengambilan citra  menggunakan pesawat drone dari atas tanaman dengan ketinggian 5 meter dari permukaan tanaman. Adapun algoritma yang digunakan adalah algoritma segmentasi warna. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa tanaman sayur sawi dari umur 4 hari sampai 36 hari rata-rata perhari peningkatan segmentasi nilai piksel huenya antara 10 % sampai 15 %. Jika segmentasi nilai piksel huenya kurang dari 10 %  perhari bisa dikatakan pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayur sawinya kurang baik, sedangkan jika di atas dari 15 % perhari bisa dikatakan pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayur sawinya sangat baik.

Keywords


Tanaman Sayur Sawi, Hand Phone, Pesawat Drone, Kertas Bundar Putih.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kamelia Munthe., Erwin Pane., Ellen L Panggabean. (2018). Budidaya Tanaman sawi (Brassica juncea) pada Media Tanam Berbeda secara Vertikultur. Universitas Medan Area.

Erawan. D, Y. Wa Ode dan Bahrun. 2013. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea, L.) pada Berbagai Dosis Pupuk Urea, Jurnal Agroteknos, 3 (1) : 19-25.

Rukmana. (2007). Budidaya Petsai dan Sawi. Kanisius, Yogyakarta.

Wahyudi. 2010. Petunjuk Praktis Bertanam Sayuran. Agromedia Pustaka. Jakarta

Ramadhani., Yoniar Hufan., et Al., (2015) Pemetaan Pulau Kecil dengan Pendekatan Berbasis Objek menggunakan Data Unmanned Aerial Vehicle (UAV)., Jurnal Majalah Ilmiah Globe, Volume 17 No.2 Desember 2015:125-134.


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v10i2.2589
Abstract 224 kali dilihat
PDF (Indonesian) 118 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.