Pemanfaatan Aplikasi Marketplace Berbasis Web Guna Meningkatkan Daya Saing Dan Pemasaran BUMDES Rompegading

Ismail Ismail, Andi Zulkifli Nusri

Abstract


Desa Rompegading Merupakan Salah Satu Desa yang ada di Kabupaten Soppeng memiliki BUMDes yang mengelola beberapa usaha potensi local seperti usaha Toko Ole Ole Khas Soppeng, Toko Tani. BUMDes ini cukup produktif dalam mengelola usahanya, namun dari segi pemasaran BUMDes Rompegading masih terkendala dalam hal promosi produk, sehingga pembeli masih kurang mengetahui produk apa saja yang diproduksi. BUMDes Rompegading ini juga menghadapi masalah dalam hal perincian pemesanan oleh pembeli dan pemesanan produk hanya menggunakan telepon atau bertatap muka langsung. Selain itu minimnya pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi sebagai media pemasaran membuat kreatifitas marketing digital terhambat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi marketpalce berbasis web sebagai media pemasaran online yang dapat memudahkan pihak BUMDes mengelola usahanya dalam hal pemasaran yang lebih luas. tujuan penetilian ini untuk membuat Aplikasi Marketpalce Berbasis Web sebagai media promosi dan pemasaran usaha BUMDes, Membantu pengelola BUMDes untuk mempromosikan dan memasarkan Usaha ole ole khas soppeng dan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk memilih dan membeli produk BUMDes Rompegading. Untuk mendukung pelaksanaan pengembangan sistem tersebut, tahapan metode yang digunakan adalah Pengumpulan data penelitian, Analisis dan Desain Aplikasi Marketplace Berbasis Web, Implementasi dan Pengujian Aplikasi Marketplace Berbasis Web, Malakukan Pelatihan penggunaan aplikasi yang telah dikembangkan kepada pengelola BUMDes Rompegading. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sistem yang dibuat berjalan sesuai dengan perancangan dan sistem yang dibuat sangat memudahkan pengelola BUMDes Rompegading dalam mempromosikan produknya serta memudahkan konsumen untuk melihat dan membeli produk BUMDes Rompegading

Keywords


Aplikasi;BUMDes Rompegading;Marketplace

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad Nur Ihsan, (2018). analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Lentera Sebagai Penggerak Desa Wisata Lerep. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro.

Ahmat josi, (2017). Penerapan metode prototiping dalam pembangunan website desa stmik-musirawas lubuklinggau 50 (studi kasus desa sugihan kecamatan rambang). JTI, Vol 9 No.1, Juni 2017.

Deni apriadi dan arie yandi saputra, 2017. E-commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal resti, vol. 1 no. 2 (2017) 131 – 136.

Ellya Nurfarida dan Andika Kurnia Adi, (2016). Web Marketplace Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, Vol. 1, No. 2, Desember 2016, P-ISSN: 2503-1031, E-ISSN: 2503-1112.

Muhammad andrean, dkk, (2017). Perancangan dan implementasi sistem informasi Emarketplace untuk katering. Jurnal teknologi informasi vol. 5, no. 2, desember 2017. ISSN:1693-3672 .

Nadia Hanoum dan Hana Silvana. (2019). Instructional Needs Analysis and Cultural Values in Online Learning. International Journal of Education. Vol. 12, No. 1, August 2019, pp. 9-15.

P.L. Rika Fatimah, (2018). Mengembangkan Kualitas Usaha Milik Desa (Q-BUMDES) untuk Melestarikan Ketahanan Ekonomi Masyarakat dan Kesejahteraan Adaptif: Perancangan Sistem Kewirausahaan Desa dengan Menggunakan Model Tetrapreneur. Jurnal Studi Pemuda Volume 7 Nomor 2 tahun 2018.

Robert marco dan bernadheta tyas puspa ningrum, (2017). Analisis sistem informasi earketplace pada usaha kecil menengah (ukm) kerajinan Bambu dusun brajan. Jurnal ilmiah dasi vol.18.No.2.Hlm.48-53. Issn:1411-3201


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v12i1.2650
Abstract 528 kali dilihat
PDF (Indonesian) 285 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.