Analisis Respon Siswa Jurusan Multimedia Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom pada SMKN 3 Tenggarong
Abstract
Google Classroom merupakan aplikasi opensource dari Google yang dapat digunakan untuk sistem pembelajaran atau bisa disebut sebagai e-learning. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang baru dan masih sedikit yang menggunakannya dalam sistem pembelajaran di sekolah-sekolah khususnya di SMK Negeri 3 Tenggarong. Di SMK Negeri 3 Tenggarong aplikasi ini tergolong baru digunakan, maka dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran usability (kebergunaan) untuk mengetahui tingkat kebergunaan dari aplikasi ini. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tool USE questionnaire dengan menyebar angket kepada responden. Hasil angket dilakukan pengukuran dengan menggunakan skala likert. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas, dapat disimpulkan kuisioner valid dan reliabel. Dari hasil pengukuran dapat disimpulkan bahwa aplikasi google classroom yang digunakan sebagai e-learning di Sekolah SMK Negeri 3 Tenggarong memiliki nilai usability yang baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aimiuwu EE, Articles T, Bryson JR, Andres L, Bryson JR, Andres L, Cacace M, Carrillo C, Flores MA, Classroom G, Dicicco KM, Xin TJF, Ed D, Emerson K, Gerlak AK, For CL, Nglish TEE, Granitz N, Koernig SK, Heggart KR, Yoo J, Jakkaew P, Khanchandani KP, Kidd W, Murray J, Kidd W, Murray J, Kumar JA, Bervell B, Moorhouse BL, Moorhouse BL, MORQUIN D, Nizal I, Shaharanee M, Jamil JM, Pal D, Vanijja V, Renaud K, Biljon J Van, Saini MK, Goel N, Shampa I, Social P, Journal S, Vasanth S, Sumathi CS, Wong R, Wong R, Yohan M. 2019. Google classroom: What works and how? J. Educ. Soc. Sci.
Bevan N, Carter J, Earthy J, Geis T, Harker S. 2016. New ISO standards for usability, usability reports and usability measures. In: Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics).
Ismayani RM, Sukawati S, Permana A. 2019. Analisis Hasil Observasi Penerapan Model Project Based Learning dalam Mata Kuliah Menulis Bahan Ajar. J. Ilm. P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi.
Kusairi S. 2013. Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. J. Pendidik. Fis. Indones. 9: 67–76.
Lund AM. 2001. Measuring usability with the USE questionnaire. Usability interface 8: 3–6.
Nielsen J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. All Usability.
Rahadi DR. 2014. Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. J. Sist. Inf.
Risnita. 2012. Pengembangan Skala Model Likert. Edu-Bio.
Rosdiana, L.A., Sukawati, S., Firmansyah D. 2018. Meningkatkan Kedisiplinan melalui Google Clasroom dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Sematik.
Soni S, Hafid A, Hayami R, Fatma Y, Wenando FA, Amien J Al, Fuad E, Unik M, Mukhtar H, Hasanuddin H. 2018. Optimalisasi Penggunaan Google Classroom, E-Learning & Blended Learning sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Bangkinang. J. Pengabdi. UntukMu NegeRI.
Suhartono. 2016. Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Pros. Temu Ilm. Nas. Guru VIII: 544–555.
Abstract 1594 kali dilihat
PDF (Indonesian) 951 kali diunduh
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.