Aplikasi Media Pembelajaran Organ Tubuh Bagian Dalam Pada Manusia Berbasis Android

Mila Jumarlis

Abstract


Minimnya bahan ajar dan buku di sekolah mengakibatkan siswa tidak dapat belajar secara maksimal dan guru kesulitan untuk membawakan materi kepada siswa. Tujuan dari perancangan aplikasi multimedia pembelajaran ini adalah mengikuti model tiga dimensi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Proyek penelitian yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML), dirancang secara terstruktur meliputi use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class design diagram. Aplikasi yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah satu kesatuan, sedangkan bahasa pemrogramannya menggunakan Java. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan aplikasi multimedia pembelajaran organ tubuh manusia pada platform Android manusia dapat membantu siswa dalam mempelajari literatur ilmiah tentang organ dalam manusia dengan baik. Langkah terakhir dari aplikasi ini adalah tes yang memungkinkan Anda untuk menguji ingatan Anda atau mempelajari kembali materi yang telah dipelajari

Keywords


Android, Materi pembelajaran,Organ, 3 dimensi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anatomi, buku ajar. (2020). Bahan Ajar Anatomi. In Hesni Widowati, Evi Rinata.

Etika, P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Irpansyah, M. N., Ikhwani, Y., Agustini, D., Informatika, (2020). Aplikasi pembelajaran aturan lalu lintas berbasis android. 1–9.

Kulsum, S., & Husnul, S. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran , Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Listia, B. A., Purnama, I., & Harahap, S. Z. (2020). Perancangan Sistem Informasi Sensus Penduduk Berbasis Android Pada Desa 1. http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JCoInS/article/view/1842

Neni,Isnaeni Dan Dewi, H. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. 1(5), 148–156.

Polignano, M. V.,., Siradj, Y., Wahyudi, A. enal, (2018). Perancangan Media Pembelajaran Busana Adat. https://doi.org/10.34010/komputika.v9i1.2362

Ruskala, A. R. (2020). Supervisi Akademik Dalam Bidang Multimedia Pembelajaran Guru. 13(2), 159–174.

Sihite, E. V., & Rosnelly, R. (2021). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android. https://doi.org/10.22303/infosys.5.2.2021.123-133

Susilo, I. T., & Irma Yuliana S.T., M. . (2017). Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk Siswa SD Berbasis Android. Jurnal Informatika, 1(1), 1–12.


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v11i2.2659
Abstract 86 kali dilihat
PDF (Indonesian) 57 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.