Evaluasi Kinerja E-Commerce Berdasarkan Persepektif Pengguna Menggunakan Framework Cobit 2019

Agustinus Fritz Wijaya, Merryana Lestari

Abstract


E-Commerce menyediakan berbagai fitur untuk memungkinkan penggunanya melakukan transaksi jual beli barang dan pembayaran online melalui website atau aplikasi mobile. Proses pengembangan dan pemeliharaan sistem e-commerce saat ini mayoritas menerapkan model proses Agile yang perlu dinilai untuk melihat bagaimana pengendalian pada sistem e-commerce untuk memenuhi syarat sebagai suatu pengendalian otomatis atau bergantung pada aktivitas manual. Salah satu framework untuk melakukan pengendalian dan evaluasi kinerja pada sebuah sistem yaitu framework COBIT yang dikeluarkan oleh ISACA. Framework COBIT sudah berkembang menjadi COBIT 2019 dan masih merupakan kerangka kerja yang paling banyak digunakan oleh para auditor TI yang menggunakan komponen model yang lengkap atau disesuaikan untuk menilai sistem tata kelola TI pada sistem e-commerce khususnya dengan menggunakan Domain Deliver, Support, and Service (DSS).

Keywords


Evaluasi Kinerja; E-Commerce; Perspektif Pengguna; Agile; COBIT 2019

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


ISACA. (2019). COBIT 2019.

Kusumah, M. A. A., R. I. Rokhmawati, F. Amalia. (2019). “Evaluasi Usability Pada Website E-Commerce XYZ dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS)”. Universitas Brawijaya, Fakultas Ilmu Komputer: Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 5, Hal. 4340 – 4348.

Laudon, K. C., C. G. Traver. (2020). “E-Commerce 2019: Business, Technology and Society, 15th Edition”. Pearson.

Rizal, P., 2011. “The Effect of E-Commerce on Malaysian Tax System: An Empirical Evidence from Academicians and Malaysian Tax Practitioners”. http://dewey.petra.ac.id

Roche, M. K., A. L. Pincus, M. R. Lukowitsky, K. S. Menard, & D. E. Conroy. (2013). “An Integrative Approach to the Assessment of Narcissism”. J Pers Assess, 95 (3), 237 – 248.


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v11i2.2662
Abstract 134 kali dilihat
PDF (Indonesian) 83 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.