Perancangan Sistem Informasi Geografis Pariwisata di Kabupaten Polewali Mandar

Asmawati Asmawati, Farid Wajidi, Musyrifah Musyrifah, Nur Aqida Tul Izzah

Abstract


Kabupaten Polewali Mandar adalah salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang besar. Namun saat ini masyarakat cukup sulit mencari lokasi wisata, restoran dan hotel ketika akan bepergian dan berlibur di wilayah Kabupaten Polewali Mandar. Sistem Informasi Geografis dalam bentuk web dirancang untuk mencari lokasi wisata dan menuntun calon wisatawan ke tempat wisata yang dituju sekaligus memperkenalkan destinasi pariwisata kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Rapid Application Development.. Pembuatan WebGIS menggunakan menggunakan Leaflet Javascript Library untuk digitasi peta, bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter, Bootstrap serta database MySQL. Tujuan SIG untuk menyajikan informasi dan fitur rute menuju objek wisata, restoran dan perhotelan. Hasil dari penelitian ini adalah dikembangkannya WebGIS yang dapat menampilkan sebaran objek wisata, restoran dan perhotelan yang ada di Kabupaten Polewali Mandar serta dapat menyajikan informasi secara interaktif kepada pengguna. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Pantai Gonda Mangrove mendapat persepsi paling positif dari lima aspek meliputi persepsi terhadap daya tarik lingkungan wisata, persepsi terhadap akses lokasi wisata, kondisi kebersihan fasilitas, kepuasan pengguna dan persepsi infrastruktur


Keywords


Leaflet JS; Sistem Informasi Geografis; Website; Polewali Mandar

Full Text:

PDF

References


Alifarchan, a., & wahyuni, e. G. (2021). Adopsi metode rapid application development (rad) dalam rancang bangun sistem kalografi.

Ari ani, f., & sukatmi. (2018). Membangun aplikasi webgis untuk tempat ibadah di provinsi lampung. Jurnal cendikia, xvi, 115–119.

Arribe, e. (2018). Aplikasi smart tourism pada dinas pariwisata kabupaten kampar guna mempromosikan destinasi ekowisata kabupaten kampar. Jurnal teknologi dan open source, 1(2), 25–44.

Awaliah, n., & syamsu, s. (2020). Sistem informasi geografis pemetaan usaha pinggir jalan poros makassar-pare. Inspiration : jurnal teknologi informasi dan komunikasi, 10(2), 102–108.

Fitriani, d., munthe, i. R., & bangun, b. (2021). Perancangan sistem informasi geografis objek wisata labuhanbatu berbasis web. Infotekjar : jurnal nasional informatika dan teknologi jaringa, 5(2), 365–369. Https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3611

Nurmalasari, anna, & arissusandi, riska. (2019). Rancang bangun sistem informasi akuntansi laporan laba rugi berbasis web padapt. United tractors pontianak. Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 6–14.

Sallaby, A. F., & Kanedi, I. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. In Jurnal Media Infotama.

Santynawan, A. P., Sudarsono, B., & Firdaus, H. S. (2020). Perancangan aplikasi wisata dan city tourism berbasis webgis guna meningkatkan daya saing wisata kota (studi kasus: kota semarang). In Jurnal Geodesi Undip Januari (Vol. 9, Issue 1).

Sari, A. O., Abdillah, A., & Sunarti. (2019). Web Programming. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhendi, H., & Umar Ali, F. (2020). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Jalan Dan Jembatan Di Kota Cirebon. Naratif (Jurnal Nasional, Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika), 2, 6–15.

Syam’ani. (2016). Membangun Basis Data Spasial Menggunakan ArcGIS 10.3. Lambung Mangkurat University Press.

Zainuddin, S., & Suryawan, F. (2021). Web Gis Pemetaan Objek Wisata Kabupaten Klaten Menggunakan Leaflet. http://eprints.ums.ac.id/92853/


DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v12i1.2673
Abstract 558 kali dilihat
PDF 346 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.