Sistem Penilai Source Code Otomatis

Meylanie Olivya

Abstract


Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat menganalisis source code program dalam dua bahasa pemrograman yaitu Pascal dan Java, dan kemudian mengimplementasikannya sehingga dapat digunakan untuk memeriksa tugas source code program mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental, dimana penelitian dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap tugas mahasiswa dalam tiga kelas yang berbeda, dua kelas pemrograman Pascal dan satu kelas pemrograman Java. Tiap kelas terdiri dari 30-35 mahasiswa. Banyaknya kasus yang digunakan adalah tiga kasus. Baik mahasiswa maupun dosen memasukkan source code jawaban melalui Web Browser.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat memeriksa source code dalam bahasa pemrograman Pascal maupun Java. Selain itu, banyaknya waktu yang digunakan oleh sistem untuk memeriksa tugas source code dalam satu kelas jauh lebih singkat dibanding waktu kerja manual, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem mampu meningkatkan efisiensi kerja dosen.

Full Text:

PDF (Indonesian)
DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v5i1.59
Abstract 944 kali dilihat
PDF (Indonesian) 1102 kali diunduh

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.