Deteksi User Berpengaruh Berdasarkan Kombinasi Fitur Popularitas User Dan Topik Monomorphism Pada Data Twitter untuk Promosi Produk

Satrio Hadi Wijoyo, Chastine Fatichah, Diana Purwitasari

Sari


User berpengaruh merupakan sebuah user yang biasanya populer di twitter dengan ditandai memiliki banyak follower, isi tweet atau pendapatnya sering dikutip atau diikuti oleh akun lainnya dengan ditandai tweet yang sering di retweet, dan namanya sering disebut atau di-mention. Akan tetapi, ketertarikan tweet user berpengaruh tidak dapat dilihat hanya dari fitur retweet dan mention saja, melainkan dapat dilihat dari fitur topik monomorphism.Berdasarkan permasalahan tersebut, suatu metode diusulkan kombinasi fitur popularitas user dan topik monomorphism untuk mendeteksi user berpengaruh pada data twitter untuk promosi produk. Berdasarkan hasil ujicoba, nilai rata-rata akurasi algoritma fuzzy inference system dari produk Iphone sebesar 75,75%, produk Samsung sebesar 79,25%, dan produk Apple sebesar 74,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa deteksi user berpengaruh berdasarkan kombinasi fitur popularitas user dan topik monomorphism menghasilkan keluaran cukup baik.

Teks Lengkap:

PDF
DOI http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v6i1.87
Sari 648 kali dilihat
PDF 470 kali diunduh

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.